Tips Memilih ular untuk pemula

12 Desember 2014

Dewasa ini memelihara ular menjadi sebuah tren di kalangan urban. mengapa tidak? reptil melata satu ini memiliki warna yang bermacam macam serta perawatan yang minimal. jika dibandingkan dengan memelihara anjing atau kucing, ular memiliki efisiensi waktu dalam perawatan. ular hanya perlu drawat 2 sampai 3x seminggu dan hanya makan 1 minggu sekali !


Memilih ular yang baik tentunya bukan cara yang sulit, biasanya orang yang baru pertama kali memelihara ular akan memilih ular yang jinak dan murah namun perlu diperhatikan juga kondisi ular yang akan dipilih. yang perlu anda cermati adalah : :

1. Pilihlah ular yang sesuai budget anda.
ular peliharaan dapat berkisar mulai 50rb rupiah saja hingga ratusan juta. sesuaikan dengan budget anda terlebih dahulu supaya tidak salah taksir. pilihlah kategori ular untuk pemula. beberapa jenis ular ada yang berbisa, sulit jinak atau mudah stress (namun biasanya jarang dan warnanya memikat)

2. Tanyakan Apa menu makanannya
tidak semua ular mau makan tikus, beberapa jenis ada yang memakan cicak, katak, hingga ikan. sehingga anda tidak salah menu untuk memberi pakan ular anda

3. berapa ukuran maksimalnya ular ini?
beberapa jenis ular dapat menjadi sangat besar dalam pemeliharaan (sebagai contoh python reticulatus yang dapat mencapai 10 meter) beberapa memiliki ukuran maksimal hanya 70cm an. kondisikan mana menurut anda yang cocok. beberapa orang menyukai ular yang dapat tumbuh besar karena dapat dibelai orang banyak beberapa orang suka ular berukuran kecil karena mudah dibawa.

4. Uji kejinakan maupun nafsu makan
Penjual yang baik pasti akan melayani hal tersebut. dewasa ini banyak ular yang baru ditangkap dari alam kemudian langsung dijual. biasanya ular ular ini dijinakkan secara instant dengan memberi balsem pada tubuh mereka. hal itu tentu sangat memperihatinkan. jangan membeli dari penjual semacam ini meskipun ular yang dijual sangat murah. karena ular tersebut akan galak kembali setelah efek balsem hilang. selain itu terkadang ular hanya ditumpuk dalam 1 tempat yang sesak hingga banyak dari mereka lemas. belilah pada penjual yang mau memberi garansi makan atau tes kejinakkan ular. tanyakan juga pola makannya. dengan membeli dari penjual yang merawat ularnya dnegan baik maka anda akan mendapatkan ular peliharaan yang berkualitas

5. Cek kesehatannya baik baik. ciri khas ular yang baik adalah :

  • kulit nampak bersinar (kecuali mau ganti kulit)
  • tidak ada abses di mulutnya
  • kloaka (anus si ular) tidak keras
  • aktif (dalam artian respon bergerak jika dipegang)


6. terakhir dan yang terpenting. Pelajari cara perawatan dan siapkan kandang reptil yang tepat :) untuk itu AEXPI mengerti kebutuhan anda, kami menyediakan panduan perawatan serta kategori yang mempermudah anda memilih ular sesuai kebutuhan. tinggal klik saja "Untuk pemula" di beranda situs ini :)